Walima, Kue Gorontalo untuk Baginda Muhammad

Aneka bentuk ekspresi umat Islam dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, salah satunya seperti di Gorontalo. Umat Islam Gorontalo memiliki tradisi membuat Walima yaitu kue-kue tradisional yang ditata berbentuk aneka hiasan, yang diantaranya terdiri dari kolombengi, wapili, tutulu, telor ayam rebus dan ayam panggang. Kue-kue spesial tersebut biasanya akan diarak menuju masjid sebelum kemudian dilakukan doa bersama.

Pada perkembangannya, Walima yang dibentuk menyerupai rumah atau masjid ini juga sering diarak keliling kota sehingga menjadi pusat perhatian warga. Setelah diarak kemudian dibagikan kepada warga.

Mereka kemudian berusaha dan saling berlomba memperebutkannya. Warga yang terdiri dari orang tua, muda, wanita, dan anak-anak, rela berdesakan sehingga tak jarang ada yang terjatuh. Meski demikian acara tersebut selalu ditunggu dan menjadi momentum kegembiraan bersama bagi umat Islam di sana.

Sebab bagi warga Gorontalo, Walima merupakan berkah dan ungkapan rasa syukur atas hadirnya Nabi Muhammad SAW ke dunia. Karenanya warga dengan sukarela untuk membuat kue Walima tersebut dalam setiap peringatan Maulid.

Bahkan tradisi Walima ini juga terekspresi pada sebuah masjid yang dinamai Walima Emas yang terletak di Desa Bongo, Kecamatan Batuda’a Pantai, Kabupaten Gorontalo. Di beberapa sudut dan di tengah bagian atap masjid tersebut terdapat Walima dengan warna emas.

Masjid tersebut berdiri di ujung sebuah bukit dengan ketinggian sekitar 250 kaki di atas permukaan laut. Dari masjid itu seseorang bisa menyaksikan pemandangan laut dengan perahu-perahu kecil, rumah-rumah penduduk dan bebukitan yang masih hijau.

Menurut warga sekitar masjid berukuran kurang lebih 10×10 meter tersebut digagas pendiriannya oleh seorang bernama Yosep Tahir Ma’ruf, pria asli dari Desa Bongo, dan dibangun sejak tahun 2008.

Baca juga 》  Islam NUsantara Itu Tidak Anti-Arab

Selamat memperingati Maulid Nabi Muhammad shallaahu ‘alaihi was sallam

(Abdullah Alawi)

Share this post

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top