Pesan Santun Pendekar Celurit Emas di Rakornas 3 Lesbumi

Lesbumi.id – Rangkaian agenda Rakornas 3 Lesbumi NU juga  menghadirkan seorang penyair juga pelukis kenamaan dari Madura si Celurit Emas. Selain membacakan puisi KH. Zawawi Imron, juga memamerkan dua karya lukisnya disalah satu sudut  pameran seni rupa yang bertajuk Tegak Lurus.

 

Dua karya lukis KH Zawawi Imron  yang dipamerkan berjudul Yang Maha Kyai dan Hidup Pancasila. Tak hanya karya lukisnya yang hadir di rangkaian acara Rakornas ini, beliau pun menjadi salah satu pembicara dalam salah satu forum diskusi dengan mengangkat tema “Kesantunan Nusantara”.

 

Zawawi Imron mengungkapkan “orang yang tata kramanya, bicaranya tidak santun sebenarnya membuat dirinya tidak mulia dan tida berharga. Oleh karenanya orang menjadi mulia dengan kesantunan, yang dalam bahasa pesantren disebut dengan akhlakul karimah”

 

Suasana forum diskusi pun makin hidup ketika kyai Zawawi beberapa kali membacakan syair-syair yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu yang dibacakan adalah syair indah yang berasal dari Madura.

 

 

Yang terjemahannya adalah orang yang bagus tatakramanya kalau dipandang menyejukkan hati. Begitulah kiranya, bahwa kesantunan  menjadi satu hal utama yang harus dilakukan, terutama di era milenial ini. (san/gebe)

Baca juga 》  Jika Belum Paham Islam Nusantara, Sebaiknya Tabayun

Share this post

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top