Lestarikan Budaya, Lesbumi Cirebon Gelar Kelas Carakan

Kelas Carakan Cirebon adalah program pelatihan menulis aksara Carakan yang diprakarsai oleh Doddie Yulianto, Ketua Majelis Budaya LESBUMI PCNU kabupaten Cirebon. Kelas ini dibuka dengan tujuan untuk memasyarakatkan kembali aksara Carakan di tengah-tengah warga Cirebon, khususnya.

Program ini diselenggarakan setiap Senin malam, di Pondok Darul Hijrah Buntet Pesantren, dengan menyasar peserta dari kalangan santri dan umum. Program didukung oleh MANASSA (Masyarakat Pernaskahan Nusantara) Cirebon, PSBM (Pusat Studi Budaya dan Manuskrip) ISIF, dan Pondok Darul Hijrah Buntet Pesantren.

Selain di pondok pesantren, program ini telah diselenggarakan di Kedai Kopi Asbak Arjawinangun Cirebon, dan direncanakan akan digelar juga di lingkungan kampus.

Pengenalan aksara Carakan kepada masyarakat memiliki urgensi lain yang lebih mendesak dalam konteks sejarah dan kebudayaan, yakni banyak manuskrip kuno yang berasal dari Cirebon, dan ditulis menggunakan aksara Carakan dan dalam berbagai tema belum tereksplorasi. Hal itu lantaran rendahnya minat masyarakat terhadap dokumen sejarah lokal tersebut, berbanding lurus dengan rendahnya tingkat penguasaan aksara Carakan. (Agung Firmansyah)

* Bagi yang berkeinginan bergabung dalam kelas Carakan ini, informasi dapat dilihat pada poster kegiatan.

Baca juga 》  Amanat Galunggung: Warisan Sejarah Adiluhung Sunda

Share this post

Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

scroll to top